Skip to content

Subjektifitas, Sang Penguasa Sesungguhnya

April 18, 2013

Banyak orang memiliki kepentingan berbeda, tingkah laku berbeda, dan hobi yang berbeda. Semua kompleksitas tersebut tidak bisa kita cari alasannya secara kasat mata. Butuh waktu dan pemikiran mendalam untuk menentukan penyebab mengapa hampir semua hal yang ada di dunia ini bisa memiliki banyak perbedaan.

Perbedaan bukanlah berasal dari orang lain, melainkan diri sendiri. Tidak ada observasi yang murni hasilnya, karena sang peneliti pasti memiliki pengaruh yang kuat di dalamnya. Itulah yang menyebabkan hasil penelitian sering mengalami perbedaan meskipun memiliki variabel yang sama dan metode yang sama pula.

Tidak ada yang pernah sadar akan kekuatan subjektifitas, ada yang memainkan nama alam, ada pula yang menggunakan kekuatan gaib sebagai sandarannya berpendapat. Konflik pun terjadi karena perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan ada karena perbedaan kebutuhan pastinya.

Saya sebagai manusia yang selalu berfikir secara subjektif sendiri tidak bisa memastikan apakah artikel ini membuat subjektifitas anda membuat sikap setuju atau sebaliknya. Karena semua manusia digerakkan oleh subjektifitasnya masing-masing, yang mana subjektifitas itu dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Kalau tidak mengerti dengan apa yang saya katakan di atas lupakan saja, tidak perlu dipusingkan karena ini adalah hasil dari subjektifitas saya 😀

Advertisements

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: