Skip to content

Ujian Nasional 2013 Ditunda, Mencurigakan

April 14, 2013
Ujian Nasional

Penyebab Diundurnya Ujian Nasional

Meskipun saya tidak mempersiapkan diri samasekali untuk menghadapi Ujian Nasional, tetap saja berita ini membuat saya lumayan kaget. Padahal Ujian Nasional 2013 itu merupakan ujian akhir yang paling penting dibandingkan dengan ujian-ujian lainnya. Ribuan murid dibuat tegang selama berbulan-bulan. Mereka pusing dan sangat sibuk mempersiapkan diri hanya untuk 4 hari yang paling menentukan ini. Saya tahu, antara lega dan kecewa pasti ada di benak teman-teman saya yang begitu keras belajar agar lulus ujian.

Yang menjadi masalah adalah, bagaimana bisa Ujian Nasional 2013 yang sebegitu pentingnya bisa mengalami kesalahan pencetekan? apakah karena rencana 20 paket disertai barcode yang terlalu terburu-buru diterapkan? Dilihat dari tahun-tahun sebelumnya nampaknya ini disebabkan karena penambahan paket yang terlalu revolusioner. Sangat cepat sampai membuat murid-murid terguncang takut tidak lulus. Tetapi apa mungkin pemerintah mengeluarkan aturan yang revolusioner ini tanpa adanya persiapan? Mustahil menurut saya, semua pasti sudah diatur secara tepat dan mestinya teroganisir dengan baik.

Menurut pendapat saya, kemungkinan terbesar penyebabnya adalah kebudayaan kita. Jangan salah tanggap, yang saya maksud sebagai kebudayaan disini adalah kebiasaan buruk bangsa kita yang tidak ada matinya. Di semua lapisan masyarakat kebiasaan suap dan korupsi bukan lagi hal yang memalukan. Semua bangga menjadi orang kaya dengan hasil korupsi, termasuk juga saya jika bisa. Sebuah rencana besar yang diatur dengan baik mustahil bisa gagal kalau manajemennya baik. Mungkin saja manajemennya menerima uang untuk membocorkan kunci jawaban atau semacamnnya, saya tidak tahu, saya hanya bisa berspekulasi. Tetapi satu hal yang saya tahu bahwa KORUPSI tidak akan hilang di bidang apapun, termasuk di bidang percetakan dan distribusi Soal Ujian Nasional 2013. Semoga anda paham dengan apa yang saya katakan, maaf kalau sedikit muter-muter karena saya ingin membuat artikel ini bermutu di mata Google. Sekian terima kasih.

From → Opinion

Leave a Comment

Leave a Reply

