Skip to content

Mistisme Indonesia, Penghambat Utama Kemajuan

April 13, 2013

Artikel ini dilatarbelakangi oleh kasus eyang subur yang sedang heboh di media massa. Yang menurut saya telah menjadi cerminan bangsa Indonesia. Kebanyakan orang bilang Indonesia itu mundur karena hilangnya jati diri bangsa. Sebenarnya itu salah besar menurut saya. Jati diri bangsa Indonesia memang seperti ini, jati diri kita ada bangsa peniru dan bangsa yang terlalu terikat oleh pemikiran mistis yang super kolot.

Kita sudah tertinggal jauh oleh bangsa barat. Mereka sudah bicara mengenai rekayasa genetika, sedangkan kita masih bercokol pada topik-topik kuno yang bersifat mistis. Dunia memang terikat hukum alam, tetapi semua bisa kita rekayasa. Kita punya otak sebaiknya digunakan untuk membuat sesuatu yang lebih baik, bukan membiarkan otak kita hanya menjadi budak atau pengikut. Jadilah pemimpin, minimal untuk diri anda sendiri.

Sadarlah bahwa percaya kepada setan dan semacamnya adalah tolol. Sekalipun anda merasa pernah melihat hantu atau setan atau jin, selama tidak bisa dibuktikan secara sains atau ilmiah, maka hal tersebut hanyalah sebuah ilusi akibat aktifnya beberapa zat pada otak yang berfungsi sebagai pembuat ilusi. Zat-zat tersebut akan aktif apabila kita berada pada tempat yang gelap, itulah sebabnya mengapa hantu hanya dilihat pada saat malam hari atau di goa-goa.

Kembali ke eyang subur, menurut saya orang ini tidaklah penting, bahkan kalau orang ini ditaruh di negara maju pasti ditertawakan. Tetapi nampaknya media kita masih terikat oleh mistisme yang menyesatkan, atau mungkin mereka rasional tetapi hanya ingin meraup keuntungan dari berita tersebut. Karena mereka tahu, rakyat Indonesia masih terlalu bodoh untuk memahami berita yang berbobot, rakyat kita senangnya dengan gosip dan hal-hal yang tidak masuk di akal.

Sekarang terserah pada anda, apakah ingin menjadi pemimpin untuk diri anda sendiri sebagai inovator yang rasional atau tetap ingin tersendat di dunia pengikut yang hobi membicarakan hal-hal yang diluar rasionalitas.

Advertisements

From → Opinion

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: